cool hit counter

PDM Kota Surabaya - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Surabaya
.: Home > Artikel

Homepage

SD MUHAMMADIYAH 4 PUCANG SURABAYA: "Educating with Heart, Serving with Respect"

.: Home > Artikel > PDM
20 September 2019 00:00 WIB
Dibaca: 152
Penulis : Muhammad Syaikhul Islam, MHI

Image result for SD Muhammadiyah 4 Surabaya

 

SD MUHAMMADIYAH 4 PUCANG SURABAYA
SEKOLAH TELADAN NASIONAL
 
"Educating with Heart, Serving with Respect"
 
 
SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya (Mudipat) didirikan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Ngagel Kota Surabaya pada 1 Januari 1959. Sedangkan, izin operasional penyelenggaraan pendidikan kali pertama diterima dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya 4 tahun kemudian.
 
Pada awalnya, Sekolah Teladan Nasional ini menempati sepetak lahan di jalan Pucang Anom Timur No. 56. Seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat dengan ditandai semakin banyaknya peserta didik, maka diadakan bedol sekolah dengan memindahkan lokasi pendidikan di jalan Pucang Anom No. 93 hingga saat ini. Selanjutnya, ekspansi area pendidikan terjadi secara bertahap.
 
Pada Tahun Pelajaran 2019/2020, sekolah yang dinobatkan sebagai The Best Favorite Islamic Elementary School pada tahun 2018 ini mendidik sejumlah 1.550 peserta didik yang terbagi dalam 46 rombongan belajar. Sedangkan, jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), karyawan koperasi, hingga pembina ekstrakurikuler sejumlah 200 orang.
 
Dari segi konten pendidikan, sekolah ini menerapkan 4 macam kurikulum, yaitu; Kurikulum Nasional 2013, Kurikulum Muhammadiyah (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan), Kurikulum (Muatan) Lokal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan Kurikulum Internasional Cambridge. Sedangkan, dari segi varian pendidikan, sekolah Islam paling favorit di Kota Pahlawan tersebut menyelenggarakan program reguler dan Cambridge International Program (CIP).
 
 
SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya Sabet Penghargaan Sekolah Islam Terfavorit
 
 
Untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan, mengantisipasi dinamika zaman, dan memberikan bekal terbaik kepada peserta didik yang merupakan generasi milenial, sekolah rujukan nasional ini terus melakukan berbagai inovasi program. 
 
Di antara inovasi program tersebut adalah up grade sistem manajemen berbasis ISO 21001: 2018, meluncurkan sistem informasi pendidikan Mudipat Resources Planning System (MRP), menambah ekstrakurikuler baru kategori olahraga dan keterampilan hidup (lifeskill), melaunching MudipatTV, membangun Maeeda Cafeteria dan Mudipat Mart, memberlakukan Mudipat Electronik Money (MEMO), International Student Exchange (I-Studex), menyelenggarakan Junior Leader Institute (JULI), hingga membangun Gardens by The Sky dan Literacy Corner. Insyaallah, pada akhir tahun 2019 ini, sekolah juga akan membangun gedung baru 6 lantai yang diberi nama The Ahmad Dahlan Plaza.
 
Di sekolah dasar terbesar di tanah air ini, pendidikan agama dan pelajaran umum diberikan dengan porsi yang seimbang. Sekolah memberikan perhatian serius pada pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dengan melaksanakan berbagai program unggulan dan pembinaan ibadah peserta didik secara maksimal dan konsisten. Salah satu program baru tersebut adalah Tahfidzul Quran Warranty Program dan Pesantren Muhammadiyah 4/Muhammadiyah 4 Boarding School (MBS).
 
Tidak hanya pada aspek akademik dan keagamaan, Mudipat juga concern mewadahi, meningkatkan, sekaligus menyalurkan bakat dan minat peserta didik melalui 34 kegiatan ekstrakurikuler dalam 7 macam genre, yakni religi, olahraga, seni dan budaya, musik, kepanduan dan bela diri, bahasa, teknologi dan informasi, serta kecakapan hidup. Semua kegiatan ekstrakurikuler tersebut diorientasikan pada publikasi dan prestasi.
 
 
 
 
 
Kepercayaan masyarakat yang setiap tahun makin bertumbuh menjadi modalitas penting bagi Mudipat untuk menyebarluaskan dakwah Persyarikatan. Mereka tak hanya berasal dari keluarga Muhammadiyah (fanatic customer) saja, namun juga berasal dari berbagai macam latar belakang keluarga. Mereka menaruh kepercayaan kepada Sekolah Teladan Nasional ini dengan alasan sebagai berikut.
 
Pertama, dari segi kurikulum, Mudipat menerapkan kombinasi yang integratif antara Kurikulum Pendidikan Nasional, Kurikulum Muhammadiyah (Al-Islam dan Kemuhammadiyahan), Kurikulum (muatan) Lokal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, dan Kurikulum Internasional (Cambridge). Hasil kombinasi tersebut menjadikan proses dan hasil pendidikan yang efektif dan variatif. Siswa tak lagi hanya mendapatkan standard mutu pendidikan nasional, namun mereka juga mampu memahami kearifan lokal, memahami peran dan fungsinya sebagai generasi Islam, dan memiliki kecakapan dan wawasan internasional yang baik.
 
Kedua, Mudipat memiliki sumber daya Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang memadai dengan berbagai level akademik, mulai dari sarjana, magister, hingga doktor. Kombinasi antara GTK senior berpengalaman dan GTK muda yang energik dan kreatif menjadikan proses pembelajaran berjalan menarik dan efektif bagi siswa. Pengalaman yang cukup lama juga turut berpengaruh mencari pola pembelajaran yang baik bagi siswa. 
 
Komitmen peningkatan kapasitas GTK juga menjadi perhatian serius bagi sekolah ini. Pelibatan GTK dalam berbagai forum seminar, workshop, In House Training, Training for Traniner, diklat, out bound, dan program sejenis lainnya menjadikan GTK kami selalu tune in dengan perkembangan dunia pendidikan mutakhir.
 
 
 
 
 
Ketiga, Mudipat memiliki fasilitas pembelajaran yang representatif. Area belajar yang bersih dan rapi, ruang kelas yang dinamis dilengkapi audio-visual, laboratorium, perpustakaan yang nyaman, canggih, dan lengkap, kafeteria yang luas, lapangan upacara, lapangan olahraga, toilet yang bersih dan sesuai jumlah rasio warga sekolah, taman dan penghijauan yang indah, Literacy Corner, Gardens by The Sky dengan gazebo dan taman yang cantik, auditoirum yang mewah, ruang layanan administrasi dan customer service yang nyaman dan ramah, Balai Konseling dengan 2 orang psikolog, ruang UKS lengkap dengan dokter dan paramedis, studio, masjid, mushalla orangtua, ruang tunggu orangtua, pojok konsultasi, hingga lahan parkir yang luas. 
 
Selain itu, sekolah juga memiliki sistem informasi pendidikan Mudipat Resources Planning System (MRP) yang canggih yang dapat diakses oleh orangtua. Insyaallah dalam waktu dekat ikon baru akan hadir, yakni gedung megah 6 lantai yang diberi nama The Ahmad Dahlan Plaza (ADP). Nantinya, gedung ini menjadi gedung megah kedua yang dimiliki sekolah berlabel The Outstanding School ini. Sebelumnya telah didirikan pada tahun 2010 The Millennium Building (TMB).
 
Kami juga memiliki Koperasi Sekolah Syariah Asy-Syams yang menjalankan 13 unit usaha sebagai aktualisasi konsep School Entrepreneurship, mulai dari tabungan siswa, simpan pinjam, seragam, buku, alat tulis, wartel, fotokopi, PPOB Online, toko swalayan Mudipat Mart, katering makan siang, jajan dan minuman, hingga armada antar jemput (25 mobil) yang melayani trayek seluruh Surabaya.
 
Keempat, kami sangat menghargai dan concern terhadap perkembangan bakat, minat, dan prestasi siswa. Kami sangat yakin bahwa setiap anak memiliki kelebihan dan berpotensi untuk berprestasi pada talenta masing-masing. Makanya, Mudipat menyiapkan 34 jenis kegiatan ekstrakurikuler dengan berbagai kategori.
 
Beberapa kategori ekstrakurikuler yang kami selenggarakan adalah; 1) Religi; Dai Cilik, Qiraah, Tahfidzul Quran, 2) Seni dan Budaya; Melukis, Mewarna, Kaligrafi, Teater, Tari, Teater, 3) Bahasa; Inggris, Arab, Jepang, 4) Musik; Band Bocah, Nasyid, Ensemble, Orkestra, Paduan Suara, Karawitan, Duo Vokalis-Violin, 5) Olahraga; Panahan, Futsal, Bola Basket, Anggar, Bisbol, Renang, 6) Lifeskill; Designer Club, Cooking Class, Entrepreneur Kids, Jurnalis Cilik, Broadcasting, 7) Kepanduan dan Bela Diri; HW Camp, Tapak Suci, dan 8) Teknologi; Desain Grafis, Robotika.
 
 
 
 
 
Kelima, Mudipat memiliki program unggulan yang diorientasikan pada pembentukan karakter siswa. Di antaranya; 1) Darul Arqam untuk proses penggemblengan kapasitas keagamaan siswa selama bulan Ramadhan, 2) Restorasi Ibadah dan Akhlak Anak Shalih (RIAS) untuk penguatan amaliah ibadah siswa, 3) Hizbul Wathan Camp untuk mencetak siswa yang patriotik, tangguh, bertanggung jawab, dan berintegritas, 4) International Student Exchange (I-Studex) untuk meningkatkan wawasan dan pengalaman global siswa dengan negara tujuan Malaysia, Thailand, Singapura, China, Korea Selatan, Australia, dan Turki, 5) Junior Leaders Institute (JULI) untuk memberikan bekal leadership yang memadai bagi siswa, 6) Outing Class Activity (OCA) agar siswa tidak jenuh dan langsung melakukan pengamatan di spot pembelajaran, 7) Keputrian, yakni kegiatan yang khusus diikuti para siswi kelas 4-6 dengan materi seputar kewanitaan dan pembekalan lifeskill seperti membuat keterampilan dan handycraft, 8) Posko Peduli untuk mengasah solidaritas sosial siswa jika terjadi musibah dan bencana.
 
 
Aksi solidaritas untuk Muslim Rohingya di SD Muhamadiyah 4 Pucang Surabaya (foto istimewa)
 
 
 
Keenam, Mudipat merupakan sekolah teladan dan rujukan nasional yang memiliki jejaring kerjasama yang luas, mulai dari skala lokal, regional, nasional, hingga internasional. Mudipat memiliki International Sister School di beberapa negara, yakni; Malaysia, Thailand, Singapura, China, Jepang, Australia, dan Korea Selatan. 
 
Ketujuh, Mudipat merupakan Branded School, yakni sekolah yang telah mendapatkan pengakuan dari pihak eksternal dalam bentuk berbagai penghargaan dan prestasi yang gemilang. Di antaranya; Sekolah Teladan Nasional, Terakreditasi A, The Outstanding School, The Most Inspiring School, The Best Creative and Innovative School, The Best Favorite Islamic Elementary School, Rekor MURI, Manajemen berbasis ISO 9001, Sekolah Berbudaya Mutu.
 
Kedelapan, Mudipat merupakan sekolah ramah anak dan orangtua. Di sekolah, kami tidak menerapkan ranking kelas dan memberikan pekerjaan rumah bagi siswa. Demikian juga berbagai bentuk hukuman fisik, kekerasan fisik dan verbal, serta bullying tidak akan ditemukan di Mudipat.
 
 
Kami juga melaksanakan Excellent Education Services (pelayanan pendidikan prima) baik bagi siswa maupun orangtua. Untuk layanan pembelajaran kami menerapkan moto "We Educate with Heart" dan untuk layanan administrasi kami menerapkan moto "We Serve with Respect." Layanan konsultasi di Balai Konseling, layanan kesehatan di Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan Klinik, layanan informasi melalui Customer Service, dan layanan keamanan 24 jam siap memberikan jaminan positif bagi civitas akademika dengan optimal.
 
 
Mudipat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada segenap orangtua untuk menitipkan pendidikan terbaik bagi putra-putri tercinta. Adapun Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2020/2021 telah dibuka pada 30 September 2019 dengan pagu 252 siswa yang akan diproyeksikan dalam 9 kelas paralel. Bersama Mudipat mewujudkan generasi Islami Abad 21 yang sebenarnya. Mudipat; Trust and Pride. (ICL)
 
 
 
Muhammad Syaikhul Islam, MHI
Principal
 
 
 
sumber tulisan: WA Penulis @MPI Indonesia
 
 
 
 

Tags: SDMUHAMMADIYAH4PUCANGSURABAYA SEKOLAHTELADANNASIONAL "EducatingwithHeart , ServingwithRespect"

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website